Sabtu, 06 Agustus 2011

Model Pembelajaran


  MODEL-MODEL PEMBELAJARAN 
  Dina Renita
  Latar belakang :
  pencapaian tujuan pendidikan belum maksimal
  prestasi belajar siswa masih rendah
  pembelajaran kurang bervariasi dan terlalu abstrak
  pembelajaran kurang membangkitkan motivasi & kreativitas siswa
  pemberlakuan Kurikulum KTSP   
  Karakteristik Model Pembelajaran
  - rasional teoritik yg logis
                - tujuan pembelajaran yg hendak   dicapai
                - tingkah laku mengajar(siswa/guru) yg   diperlukan
                - lingkungan belajar yg diperlukan
  Pengertian Model Pembelajaran
  Model pembelajaran:   Pedoman berupa program atau petunjuk strategi mengajar yang dirancang untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Pedoman itu memuat tanggung jawab guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran (Eggen dan Kauchak, 1988 : 9).
  Salah satu tujuan penggunaan model pembelajaran: untuk meningkatkan kemampuan siswa selama belajar (Joyce B dan Weil M, 1992 : 2).
  Kutz (1991 : 2) berdasar pengalamannya: tanpa model pembelajaran yang nyata, guru seringkali mengembangkan pola pembelajaran yang hanya didasarkan pada pengalaman masa lalu dan intuisinya.
  Beberapa jenis Kegiatan Kelompok
  1. Circle Learning
  2. Grup Penyelidikan (Investigation Group)
  3. Co-op co-op
  4. Jigsaw
  5. Number Heads Together (NHT)
  6. Student Teams-Achievement Division (STAD)
  7. Team Assisted-Individualization atau Team Accelerated Instruction (TAI)
  8. Teams Game-Tournament(TGT)

  Langkah-langkah dalam Pembelajaran Kooperatif :
  1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
  2. Menyajikan informasi
  3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
  4. Membimbing kelompok bekerja dan belajar
  5. Evaluasi
  6. Memberikan penghargaan
 
EXAMPLES NON EXAMPLES
CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD
Langkah-langkah:
  Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
  Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
  Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
  Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  Kesimpulan
  PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  Menyajikan materi sebagai pengantar
  Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
  Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
  Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
  Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  Kesimpulan/rangkuman

  NUMBERED HEADS TOGETHER
(KEPALA BERNOMOR)
                                          (SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah :
  Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
  Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
  Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
  Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
  Kesimpulan
  COOPERATIVE SCRIPT
Skrip kooperatif :
                                                     (DANSEREAU CS., 1985)
  metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
  Langkah-langkah :
  Guru membagi siswa untuk berpasangan
  Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
  Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
  Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
  Sementara pendengar : 
  Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
  Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
  Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
  Penutup


  KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
(MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)
Langkah-langkah :
  Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
  Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua  mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
  Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
  Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
  Kesimpulan

  STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI
                                                      (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
  Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
  Guru menyajikan pelajaran
  Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
  Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
  Memberi evaluasi
  Kesimpulan

  JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
(ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978)
Langkah-langkah :
  Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
  Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
  Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
  Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
  Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
  Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
  Guru memberi evaluasi
  Penutup
 
ARTIKULASI
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
  Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
  Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
  Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
  Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
  Kesimpulan/penutup
  MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk
menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
  Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
  Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
  Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
  Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
  MAKE – A MATCH
(MENCARI PASANGAN)
                                                  (Lorna Curran, 1994) 
Langkah-langkah :
  Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
  Setiap siswa mendapat satu buah kartu
  Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
  Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
  Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
  Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  Demikian seterusnya
  Kesimpulan/penutup
 
THINK PAIR AND SHARE
(FRANK LYMAN, 1985) 
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
  Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
  Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
  Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
  Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
  Guru memberi kesimpulan
  Penutup
  DEBATE
Langkah-langkah :
  Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
  Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
  Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
  Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
  Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
  Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

  Pembelajaran Kooperatif T.A.I
(Teams Accelerated Instructions)
q  Belajar (mengerjakan tugas) secara individu
q  Hasil belajar individu dibawa ke kelompok (belajar secara kelompok)
q  Di kelompok: membahas hasil kerja tiap individu anggota, antar anggota saling mengoreksi
q  Cek pemahaman individu (dengan pertanyaan individu/kelompok, kuis individu/kelompok)
  Pembelajaran Kooperatif COOP-COOP
  Tugas yang diberikan kompleks.
  Tahap 1: Diskusi kelas
  Tahap 2: Penyusunan tim siswa yang bertugas menyusun proyek kelas
  Tahap 3: Seleksi kelompok dan topik
  Tahap 4: Seleksi topik mini dalam tiap kelompok
  Tahap 5: Penyelesaian topik mini
  Tahap 6: Persiapan presentasi kelompok
  Tahap 7: Presentasi kelompok
  Tahap 8: Evaluasi oleh siswa dengan bimbingan Guru
 
ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
  Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
  Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
  Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
  Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
  Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
  Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
  Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
  Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
  Guru memberikan kesimpulan secara umum
  Evaluasi
  Penutup
  GROUP INVESTIGATION
                                             (SHARAN, 1992) 
Langkah-langkah :
  Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
  Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan
  Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  Evaluasi
  Penutup

 
TALKING STICK
Langkah-langkah :
  Guru menyiapkan sebuah tongkat
  Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
  Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
  Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
  Guru memberikan kesimpulan
  Evaluasi
  Penutup
 
BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
  Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
  Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
  Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
  Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
  Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
  Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
  Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
  Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
  Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
  Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
  Evaluasi & Penutup
  STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
  Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.
  Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
  Penutup
  COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
  Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
  Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)
  Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
  Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
  Penutup


  DEMONSTRATION
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau
percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
  Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan
  Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
  Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
  Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan.
  Guru membuat kesimpulan.






  COOPERATIVE INTEGRATED READING
AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
                                            (STEVEN & SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
  Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
  Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
  Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
  Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
  Guru membuat kesimpulan bersama
  Penutup

 
  INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE
(LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)
                                                        OLEH SPENCER KAGAN
  “Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”
Langkah-langkah :
  Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
  Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
  Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
  Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
  Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
 







  TEBAK KATA
  MEDIA :
Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga.
Langkah-langkah :
  Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
  Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas
  Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
  Sementara siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
  Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
  Dan seterusnya
CONTOH KARTU
  Perusahaan ini tanggung-jawabnya tidak terbatas
  Dimiliki oleh 1 orang
  Struktur organisasinya tidak resmi
  Bila untung dimiliki,diambil sendiri
 NAH … SIAPA … AKU ?
JAWABNYA :   PERUSAHAAN  PERSEORANGAN
 
  WORD SQUARE
MEDIA :
      * Buat kotak sesuai keperluan
         * Buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
  Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
  Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
  Berikan poin setiap jawaban dalam kotak
  SCRAMBLE
MEDIA :
  Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah-langkah :
  Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
  Membagikan lembar kerja sesuai contoh
   
TAKE AND GIVE
MEDIA :
  Kartu ukuran ± 10×15 cm sejumlah peserta tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya, materi sesuai dengan TPK
  Kartu contoh sejumlah siswa
Langkah-langkah :
  Siapkan kelas sebagaimana mestinya
  Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
  Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
  Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh.
  Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
  Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
  Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
  Kesimpulan
 
CONSEPT SENTENCE
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
  Guru menyajikan materi secukupnya.
  Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
  Guru Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
  Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
  Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.
  Kesimpulan.
   
COMPLETTE SENTENCE
Media :  Siapkan blangko isian berupa paragraf
            yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  Guru Menyampaikan materi secukupnya atau siswa disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya
  Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
  Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
  Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
  Siswa berdiskusi secara berkelompok
  Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki. Tiap peserta membaca sampai mengerti atau hapal
  Kesimpulan

1 komentar:

  1. Cayooo semnagat buat terus Model Pembelajaran yang Lengkap+++ KOMPLIT :)

    BalasHapus